Jumat, 15 Maret 2013

Solusi Macet Jakarta

Kalau dengar kata macet kayaknya sudah jadi suatu kata yang biasa ditelinga penduduk dan warga ibu kota Jakarta. Hampir tiap hari biasanya pada jam kantor. Kendaraan kondisi macet kadang parah dan kusut banget. Dari beberapa media yang bisa kita lihat baca disebutkan jumlah kendaraan bermotor nya yang katanya sudah jauh melampau kapasitas jalan yg ada. Tetapi bukan cuma mobil jumlah dari kendaraan motor yg juga sudah banyak. Dan membuat jalan jadi ribet deh. Gimana lagi rasanya penduduk yg tinggal di Ibu Kota kondisi lalu lintas model begini.

Dan kalau mulai hujan apalagi deras bisa dibilang pasti deh selokan terutama yang mampat dan aliran sungai pasti jadi meluap jadi banjir. Sebetulnya sih yah akibat dari penduduk kota nya sendiri deh yang memang suka membuang segala macam sampah yang semau nya aja. Budaya ini memang sih udah ga bisa diubah lagi. Terutama dgn luapan air dari luar Ibu Kota. Asal masalahnya akibat tidak ada pengelolaan tata air di hulu ga benar. Ini juga sampah yang sudah mampet di sekitar jalur pengairan.

Terus kalau kita coba pikir jadi tuh gimana ya solusinya? Ini kan sekedar cuma menghayal aja. Menurut saya solusi nya kita yah kayaknya masih harus menunggu dan bersabar. Ada dulu sempat sedikit wacana mindahin ibu kota tapi yah sepertinya ga mungkin. Karena ga semudah seperti yang direncanakan. Kemarin yah belum begitu lama ini adalah dengan tuh meninggikan uang muka kredit mobil. Tujuan nya sih mencoba supaya orang untuk beli mobil. Kalau dulu kan dengan down payment sedikit tuh sudah bisa bawa pulang mobil motor kredit. Sekarang ini sudah. Kemarin ini Pemerintah juga sudah coba membuat beberapa solusi dan terobosan yg bagus seperti membangun jalur busway. Yang ini sudah berjalan dan memang sih punya manfaat dirasakan bagi sebagian besar masyarakat banyak di Ibukota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar