Sabtu, 01 Juni 2013

Yang Unik Soto Dari Kerang Kuku

Daerah Madura, Jawa Timur memang sudah terkenal kelezatan kulinernya, seperti sate ayam. Selain itu, di wilayah Pamekasan juga dikenal dengan hidangansoto ayam. Akan tetapi, soto yang disajikan tersebut sangat berbeda dengan soto kebanyakan. Ya, perbedaannya itu terdapat pada bahan dasar pembuatannya, yaitu kerang kuku atau lorjuk.Sementara kata soto sendiri juga sering disebut dengan istilah campor. Oleh karena itu, soto lorjuk juga dikenal dengan nama campor lorjuk.

Soto unik dari kerang kuku ini memiliki isian soun, kecambah goreng, lontong, kerupuk kancor,dan tentunya lorjuk.Lorjuk atau kerang kuku ini bisa kita temukan di tengah-tengah laut pada saat air sedang surut.Dan untuk bisa menangkapnya, memang butuh keahlian khusus, sebab kerang ini bergerak dengan sangat cepat dan gesit, sementara mereka hanya akanberdiam diri di dalam lumpur laut.Kerang kuku yang sudah berhasil ditangkap, segera direbus dan dibuang bagian kulitnya.Sedangkan air rebusannya itu tidak langsung dibuang, karena bisa dijadikan sebagai kuah sotonya.

Maka dari itu, air rebusanlah yang membuat perbedaan rasa antara soto Madura biasa dengan campor lorjuk. Setelah lorjuk sudah dipastikan bersih secara keseluruhan, kemudian direbus lagi dengan air rebusan tadi.Untuk menambah cita rasa, lalu dicampur bersama dengan racikan bumbu lengkap secukupnya, yang terdiri dari bawang merah, cabe merah, merica, bawang putih, pala, jahe dan juga garam. Menurut warga Madura, soto tersebut tak perlu dicampurkan dengan penyedap rasa lainnya lagi, lantaran rasa kuah dan lorjuknya saja sudah cukup sedap.

Apabila kuah sotolorjuknya sudah selesai diracik dengan bumbu hingga merata, tinggal langsung sajikan di dalam mangkuk. Lalu seperti soto pada umumnya, bisa ditambahkan dengan perasan jeruk nipis segar dan juga kecap manis. Kita bisa menentukan seberapa banyak yang ingin digunakan sesuai dengan selera masing-masing. Di Madura, seporsi campor lorjuk ini dibanderol harga cukup murah, hanya sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 7.000 saja. Tentu saja akan lebih nikmat jika ditemani sepiring nasi putih hangat dan es teh manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar